channel youtube

Kami ingin, sejak kecil Aisyah sudah tertanam dalam otak bawah sadarnya, jika bahasa Arab dan Inggris itu mudah dan asyik.

Saya dahulu termasuk yang tak menyukai bahasa Inggris. Pengalaman itu sepertinya terbentuk saat dibangku sekolah dasar. Kemudian terbawa sampai sekarang. Makanya ketika Allah hadirkan Aisyah, saya ingin kenalkan ke dia dua bahasa asing yakni bahasa Inggris dan Arab.

Kenapa dua bahasa itu? Sebab, kami pikir itu hal mendasar yang dia perlukan. Bahasa Inggris bisa disebut bahasa internasional. Sedangkan bahasa Arab, bahasa yang diperlukan untuk memahami Alquran hingga berkomunikasi dengan negara di Timur Tengah dan sekitarnya.

Mimpi kami, semoga dia nanti bisa sekolah sampai ke Makkah/Madinah. Aamiin.

Dan alhamdulillah, kemarin saya dapatkan cara mengenalkan dua bahasa keren itu lewat video youtube.

Saya dapatkan dari teman, yang Allah lebih dahulu berikan amanah anak padanya.

Dia berkisah jika channel Learn with Zakaria dan One4kids/Zaky – Muslim Cartoons. Berisi konten-konten yang keren, dengan animasi menggemaskan, ada kisah, bacaan Alquran, interaktif, dll.

Saya dilihatkan beberapa video, dan ya saya menyukainya.

Yuk intip dua channel youtube-nya!

Learn with Zakaria

Channel youtube ini menghadirkan dua bahasa: Inggris dan Arab. Ada video yang berbahasa Inggris dan Arab, ada juga yang Arab saja. Dikemas dengan animasi yang cakep, membuat anak-anak suka dengannya.

Di dalamnya, ada video yang berisi nama-nama hewan, warna, buah dll dalam bahasa Arab.

Sangat keren, alhamdulillah, dan bisa menjadi alat untuk mengenalkan bahasa Arab yang menyenangkan kepada anak sejak dini.

Bagi ayah bunda, langsung saja, subscribe & hidupkan loncengnya!

One4kids/Zaky – Muslim Cartoons

Channel youtube yang ini menggunakan bahasa Inggris.

Di dalamnya ada kisah Nabi, mengenalkan Allah lewat musik, dll. Dikemas juga dengan animasi yang menggemaskan.

Bagi ayah bunda, langsung saja, subscribe & hidupkan loncengnya!

Poin pentingnya bagaimana?

Poin penting pengajaran kepada anak-anak adalah umur 0-6 tahun. Pada umur itu, dari beberapa referensi yang saya baca adalah masa keemasan anak.

Masa di mana, anak-anak hanya merekam apa yang dilihat, didengar, dirasa dan disentuhnya. Mereka hanya merekam, belum bisa memfilter informasi.

Oleh karena itu, kita sebagai orangtua harus komitmen untuk benar-benar memberikan informasi terbaik buat sang buah hati.

Dikarenakan perekaman pada umur 0-6 tahun, anak akan gunakan untuk menjalani kehidupan selanjutnya.

Oleh karenanya, kami sejak anak usia dini, sudah membacakan cerita untuk dia, mengajak ngobrol, berusaha mengenalkan tauhid, agamanya, hingga bahasa Arab dan Inggris.

Kami menyakini, nantinya informasi yang dia terima pada usia 0-6 tahun akan bermanfaat untuk ke depannya. Sebagaimana kita tahu, informasi yang disampaikan berulang-ulang akan masuk ke otak bawah sadar.

Dan informasi itu menjadi sebuah kebiasaan. Contohnya seperti aktivitas makan, minum, berjalan, komunikasi, dan berlari sudah masuk ke otak bawah sadar anak.

Sampai sini, sudah terbayang kebiasaan apa yang akan ditanamkan ke anak-anak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here