gila baca

Membaca, adalah hal yang ingin kami tanamkan kepadanya sejak kecil. Berdasarkan penelusuran dari buku dan video, saya dapatkan kesimpulan, usia 0-6 tahun adalah masa keemasan anak.

Masa di mana anak tersebut menerima semua informasi di sekitarnya: baik atau buruk. Perumpamaannya seperti kertas putih yang bebas digambar dan digoreskan warna apa saja.

Oleh karena itu, kami mulai mengenalkan Aisyah—panggilan anak kami—sejak dalam kandungan. Seperti mengajaknya ngobrol hal-hal baik dan membacakan cerita. Ternyata interaksi semacam ini memberikan dampak positif bagi perkembangannya.

Setelah dia lahir, kami mulai usahakan tiap hari untuk mengajaknya ngobrol dan cerita. Ya… ngobrol di sekitarnya, mengajari huruf hijaiyah, dan lainnya.

Saya sebagai bapak, membelikan buku-buku anak jenis boardbook, buku bantal, dan buku biografi Aisyah—ini sebagai bahan cerita kami berkisah ke anak.

gila baca (2)
Istri sedang membacakan anak Buku Kisah Teladan Para Nabi Seri 1

Buku-buku tersebut, selain nanti digunakan untuk merasakan anak, juga sebagai pegangan istri untuk mengembangkan cerita ke anak.

Tahu sendirilah, karakter buku anak itu, lebih banyak gambar dan warna daripada tulisannya. Maka sebagai orangtua pintar-pintarnya kita untuk mengembangkan cerita. Poinnya, manfaat dan positif.

Walau umur 0-2 bulan itu anak belum merespon kita dengan gerakan matanya. Namun sejatinya telinga mendengar dan otak merekam.

Nantinya pada umur 3 bulan ke atas dia sudah bisa memberi respon. Kegiatan membaca dan bercerita bersama, akan kami konsistenkan.

Sebagaimana dikisahkan sama penulis buku Membuat Anak Gila Membaca, Mohammad Fauzil Adhim, pada umur anak beliau menginjak 3 bulan ke atas istri penulis lebih konsisten dalam menceritakan dan mengajak anak membaca.

Hasilnya? Anak beliau belum usia 2 tahun, sudah menunjukkan ketertarikannya pada buku.

Masyaa Allah. Semoga anak kami dan yang lainnya, juga gila membaca sejak kecil ya. Aamiin.

Sampai di sini, apakah kamu ingin anaknya gila membaca juga sejak kecil?

Jika ya, di bawah ini, kami berikan referensi, semoga manfaat ya ^_^

  • Buku Membuat Anak Gila Membaca terbitan Pro U Media karya Mohammad Fauzil Adhim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here